15/09/09

Berhemat Energi listrik pada PC dan Laptop (I)

Dalam menggunakan PC (Personal Computer) dan laptop kita biasanya seringkali membuang –buang energi listrik yang seharusnya tidak terjadi. Seperti misalnya penggunaan tingkat pencahayaan pada monitor yang terlalu tinggi, atau pun menyalakan peralatan-peralatan komputer lainnya seperti printer, scanner, dan peralatan komputer lainnya yang tidak diperlukan. Tentu saja hal itu dapat membuang-buang energi listrik secara percuma. Oleh karena itu dalam bahasan kali ini, saya akan memberikan beberapa cara untuk menghemat penggunaan energi lstrik pada PC dan laptop. Berikut caranya :

1. Setting tingkat pencahayaan monitor.

Penggunaan tingkat pencahayaan yang terlalu tinggi pada monitor bisa menghabiska banyak energi, selain itu juga tidak bagus untuk kesehatan mata.Untuk mengatur tingkat pencahayaan monitor dapat menggunakantombol yang berada pada bagian bawah monitor.

2. Matikan peralatan yang tidak diperlukan.

Matikan peralatan komputer lainnya yang tidak digunakan seperti : scanner, printer, speaker, dan peralatan komputer lainnya bila tidak dipakai. Karena bila dibiarka menyala peralatan itu dapat menghabiskan banyak energi listrik.

3. Matikan monitor

Jika kita tidak menggunakan komputer dalam waktu lama, sebaiknya matikan saja monitornya. Karena dapat menghabiskan banyak energi listrik. Kita juga dapat menyetting windows agar bisa mati secara otomatis. Berikut caranya:

a. Klik “Control Panel Options”.
b. Pada “ Power Options Properties”, klik Tab “Power Schemes”.
c. Lalu klik panah di bagian “Power Schemes”.
d. Pilih “Home Office Desk”, lalu pilih waktu yang diinginkan pada “Turn Off Monitor”.
e. Klik “Apply” dan OK.

4. Matikan Hard disk

Lebih baik kita matikan saja hard disk komputer jika kita tidak sedang menggunakan komputer, karena data hard disk akan selalu dibaca oleh sistem komputer. Berikut cara mematikannya :

a. Klik “Contol Panel Options”.
b. Lalu pilih “Power Options Properties”.
c. Klik Tab “Power Schemes”.
d. Klik bagian “Power Schemes” dan pilih “Home/Office Desk”.
e. Kemudian klik “Turn Off” dan pilih waktunya.
f. Klik “Apply” dan OK.

5. Isi baterai sampai penuh

Jika kalian men-charge baterai pada laptop pastikan proses pengisian baterainya atau charge-nya benar-benar selesai.

Tunggu tulisan terkait selanjutnya.