16/09/09

Mudik Selamat

Mudik pada saat Lebaran memang menjadi suatu tradisi sendiri bagi masyarakat Indonesia . Biasanya tradisi mudik ini ramai pada H-4 lebaran. Kebanyakan pemudik ini mudik Lebaran dengan mengendarai sepeda motor. Terkadang pengemudi sepeda motor ini melakukan perjalanan mudik dengan tergesa – gesa atau pun saling kebut – kebutan agar bisa sampai di tempat tujuan lebih cepat dan bisa bertemu dengan sanak saudara. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi pengendara sepeda motor ini dan orang lain, jika para pengendara motor ini tidak memperhatikan aturan – aturan berkendara dengan baik. Mengingat banyak jalur – jalur perjalanan yang dilalui para pengendara motor ini yang bergelombang dan berlubang.

Sebaiknya sebelum melakukan perjalan, ada baiknya untuk selalu mengecek sepeda motor yang akan dipakai terlebih dahulu untuk keselamatan dan kenyamanan kita selama berkendara. Pemeriksaan dapat dilakukan pada :

1. Periksa Rem

Mengingat fungsi rem ini sangat vital pada kendaraan bermotor. Sebaiknya periksa apakah kedua rem bagian depan dan belakang dapat berfungsi dengan baik.

2. Periksa Keausan Ban dan Tekanan Angin

Penggunaan ban yang aus berdampak bahaya pada saat pengendaraan sepeda motor karena ban bisa pecah pada saat dikendarai. Tekanan angin yang sesuai juga bisa menambah kenyamanan berkendara. Ukuran tekanan angin bisa dilihat di label yang tertempel pada penutup rantai. Ukuran tekanan angin yang normal untuk ban depan 29 psi, sedangkan untuk ban belakang 33 psi.


3. Periksa Nyala Lampu

Pastikan lampu depan , lampu rem, dan lampu sein berfungsi dengan baik.

4. Periksa Rantai Roda

Kekenduran dan kekencangan rantai roda dapat berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Ukuran kekencangan normal rantai roda 2 – 3 cm.

5. Periksa Kaca Spion

Pastikan posisi kaca spion sesuai dengan benar untuk mendapatkan pandangan yang jelas dengan pengendara lain.

6. Periksa Handle Gas

Pastikan handle gas dapat digunakan dengan baik atau dapat berputar dengan baik untuk kelancaran dalam berkendara.

Selain tips di atas, sebaiknya usahakan sebelum melakukan perjalanan mudik untuk melakukan sedikit pemanasan agar bisa berkendara dengan nyaman dan tidak mudah capai. Gunakan jaket dengan scotlite agar posisi kita bisa lebih diketahui pengendara lain terutama pada malam hari. Istirahatlah terlebih dahulu setiap 3 jam sekali untuk menyegarkan badan. Dan jangan lupa berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan, untuk keselamatan dan kenyamanan selama berkendara dan selamat sampai tujuan.